Minggu, 10 Maret 2013

CARA MENEMUKAN SMARTPHONE OS WINDOWS YANG HILANG


CARA MENEMUKAN SMARTPHONE OS WINDOWS YANG HILANG. Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menjaga atau memproteksi data penting yang ada di ponsel, supaya tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, dengan mengaktifkan sandi (password) atau Nomor Identifikasi Pribadi (PIN). Jadi, ketika ponsel Anda hilang atau dicuri, orang lain tidak bisa menggunakan telepon Anda (melakukan panggilan telepon, membaca surel Anda, dan sebagainya).

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menemukan ponsel yang hilang? Bagi pemilik Windows Phone, sejatinya ada tips cukup ampuh yang dapat digunakan untuk mencari ponsel yang hilang karena terselip, lupa meletakan atau bahkan dicuri. Yakni, dengan memanfaatkan fitur “Find My Phone”.

Lewat fitur ini, Anda bisa memantau lokasi terakhir si ponsel yang hilang dengan bantuan peta digital yang dimiliki si ponsel. Tak hanya itu, fitur ini juga menyediakan fasilitas tambahan seperti menderingkan ponsel (Ring), mengunci telpon (Lock) serta menghapus data yang ada di ponsel (Erase). Semua fasilitas tersebut bisa dilakukan secara remote alias dari jarak jauh.

Lalu, bagaimana cara mengoperasikannya? Dan apa saja yang perlu disiapkan?

Untuk Anda yang ingin berjaga-jaga, dan supaya bisa memanfaatkan fitur “Fine My Phone” yang ada di Windows Phone, ada beberapa langkah penting yang harus dipersiapkan lebih dulu.

Pertama. Jika fitur “Fine My Phone” di Windows Phone Anda belum diaktifkan (Connected), maka Anda harus mengaktifkannya. Masuk ke menu Settings, pilih tab System > Find My Phone, dan selanjutnya beri tanda centang di semua pilihan yang ada.
Kedua. Fitur “Find My Phone” ini terkoneksi langsung dengan data lokasi yang bersumber dari lokasi GPS atau BTS operator yang terdeteksi ponsel. Jadi, Anda perlu mengaktifkan menu “Location” di Windows Phone. Caranya, masuk ke menu Settings > Location > Location Services, pilih ‘On’.
Ketiga. Pastikan Anda mendaftarkan akun Windows Live di ponsel, yang nantinya akan terintegrasi langsung dengan semua data yang ada di Windows Phone seperti Email, kontak serta data lokasi.

Setelah melakukan tiga persiapan di atas dan jika ponsel Anda hilang, fitur “Find My Phone” sudah bisa dipakai untuk menemukan ponsel tersebut. Bagaimana caranya?

1. Dari PC/Komputer, buka link URL www.windowsphone.com di browser internet.
2. Navigasikan kursor mouse Anda ke tab drop-down “Explore, My Phone” yang ada di pojok kanan atas tampilan browser, dan pilih “Sign in”.
3. Log in menggunakan akun Microsoft/Windows Live yang sama dengan yang Anda gunakan di ponsel.
4. Setelah terhubung, navigasikan kembali menu drop-down dan pilih “Find My Phone”, lalu ikuti petunjuk di kotak dialog (Anda hanya perlu melakukannya sekali—setelah itu, telepon Anda akan otomatis ditampilkan di peta saat Anda membuka tab “Find My Phone”).
Catatan: 
a. Jika PC/Komputer Anda terhubung dengan printer, Anda bisa mencetak (print) lokasi telpon dengan mengklik “Print”.
b. Untuk memastika lokasi terbaru dari ponsel yang hilang, Anda bisa mengklik pilihan “Refresh”.
c. Jika Anda telah menggulirkan peta dan kehilangan jejak lokasi ponsel Anda di situ, klik “Center On Map”.
Untuk membuat ponsel berdering
1. Di tampilan fitur “Find My Phone”, pilih ‘Ring’.
2. Tunggu beberapa saat hingga proses koneksi ke ponsel berhasil. 
3. Ponsel akan berdering meskipun volume ponsel dinonaktifkan atau dalam modus getar.
Untuk mengunci ponsel dan menampilkan pesan
1. Di tampilan fitur “Find My Phone”, pilih ‘Lock’.
2. Ikuti petunjuk di kotak dialog. Jika Anda belum memiliki sandi yang disiapkan di telepon, Anda perlu memasukkan sandi—Anda akan menggunakannya untuk mengunci telepon saat Anda mendapatkannya kembali. 
3. Anda juga dapat mengetik pesan untuk ditampilkan di layar telepon. Biasanya, nomor telepon alternatif atau alamat email. Jadi, jika ada orang yang menemukannya bisa langsung mengontak Anda.
Untuk menghapus data ponsel 
1. Di tampilan fitur “Find My Phone”, pilih ‘Erase’.
2. Di layar konfirmasi, lakukan salah satu hal berikut:
3. Untuk mulai menghapus data ponsel, pilih I’m sure! Please erase my phone now. lalu klik Erase. 
4. Jika Anda berubah pikiran, klik Cancel.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►

Blogroll

 

Copyright 2011 SEGELAS KOPI is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger