Jumat, 15 Maret 2013

WALAUPUN TANPA ORGAN INI MANUSIA BISA TETAP HIDUP

WALAUPUN TANPA ORGAN INI MANUSIA BISA TETAP HIDUPSetiap organ tubuh memiliki fungsi masing-masing untuk menunjang kehidupan. Tapi karena suatu hal, ada kalanya organ tubuh harus dibuang, misalnya Paus Fransiskus I yang hidup dengan 1 paru. Sebenarnya manusia masih bisa bertahan hidup tanpa beberapa organ tubuhnya. Menurut para ahli, hidup dengan organ yang tak lengkap bukanlah masalah yang signifikan bagi sebagian besar orang. Ada beberapa organ yang memang penting bagi tubuh, tapi jika terpaksa harus kehilangan, manusia masih bisa bertahan hidup tanpanya.
Seperti dilansir Live Science, Jumat (15/3/2013), beberapa organ tubuh tersebut antara lain:

1. Ginjal

Manusia memiliki 2 buah ginjal, tetapi sebenarnya hanya dengan 1 ginjal saja sudah bisa untuk bertahan hidup. Ada beberapa orang yang dilahirkan hanya dengan 1 ginjal. Ada juga yang salah satu ginjalnya harus diambil karena cedera atau didonorkan.

Secara umum, orang dengan 1 ginjal tak begitu banyak memiliki masalah kesehatan atau malah tidak memiliki masalah sama sekali. Usia harapan hidupnya juga normal. Secara teknis, manusia bahkan masih bisa hidup tanpa ginjal, namun harus menjalani dialisis atau cuci darah rutin.
2. Limpa
Organ bernama limpa memiliki fungsi menyaring darah dan membantu tubuh memerangi infeksi. Ternyata organ ini tidak begitu penting untuk kelangsungan hidup manusia. Limpa dapat dibuang jika mengalami kerusakan. Namun orang yang tidak memiliki limpa lebih rentan terhadap infeksi.
3. Organ reproduksi
Beberapa wanita terpaksa kehilangan rahimnya lewat operasi pengangkatan rahim atau histerektomi untuk mengobati kanker, fibroid, nyeri panggul kronis, atau kondisi lain. Sekitar 1 dari 3 wanita di AS menjalani prosedur ini ketika berusia 60 tahun.
Sedangkan pada pria, organ reproduksinya, yaitu testis, juga bisa diangkat untuk mengobati kanker testis. Sebagai konsekuensinya, tentu saja menjadi mandul.
4. Lambung
Lambung bisa diangkat sebagai bagian dari pengobatan kanker perut. Prosedur ini disebut gastrektomi total. Tanpa lambung, usus langsung disambungkan ke kerongkongan. Pasien yang menjalani prosedur ini mendapatkan nutrisi lewat infus selama beberapa minggu sampai pulih.
Setelah itu, pasien bisa memakan sebagian besar makanan, tapi seringkali perlu waktu. Diawali dengan makan makanan kecil dan minum suplemen untuk membantu penyerapan vitamin.
5. Usus Besar
Sama seperti lambung, usus besar juga bisa diangkat untuk mengobati kanker atau penyakit Crohn. Dalam beberapa kasus tertentu, usus besar diangkat untuk mencegah kanker usus besar.
Manusia dapat hidup tanpa usus besar, tapi mungkin perlu menggunakan wadah di luar tubuh untuk menampung tinja. Bisa juga diganti dengan operasi pembuatan wadah pada usus kecil untuk mengganti fungsi usus besar.
6. Usus Buntu
Usus buntu adalah sebuah organ kecil yang menjorok keluar pada ruas pertama usus besar. Sampai kini tidak jelas apa fungsinya, namun dapat dibuang jika menjadi terjadi peradangan atau rusak.






0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►

Blogroll

 

Copyright 2011 SEGELAS KOPI is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger