Minggu, 04 Desember 2011

TERNYATA SPANYOL JUGA PUNYA NASI KUNING Seperti Indonesia

SPANYOL rupanya punya nasi kuning sendiri, paella namanya (dibaca paeya). Paella berasal dari bahasa Prancis kuno, paelle,yang berarti pan (wajan). 


Wajan yang digunakan untuk membuat paella, ukurannya cukup besar sehingga mampu memasak hidangan ini hingga 15 porsi. Paella biasanya memiliki lapisan nasi “panggang”di dasar wajan. Hal itu salah satu yang menentukan kelezatan paella. Nasi yang “terpanggang” itu muncul karena proses pemasakan yang menggunakan alat pembakar atau api di udara terbuka.

Nasi seperti itu tidak akan terbentuk jika paella dimasak dalam oven. Paella dimasak dengan wajan dan dihidangkan juga dengan wajan itu yang langsung ditaruh di atas meja makan. Paella seafood dibuat dengan mencampur semua bahan yang terdiri atas seafood (cumi dan udang), paprika, tomat, dan kunyit (sebagai bahan pewarna) untuk ditumis dengan minyak zaitun. Kemudian, ditambahkan nasi ke dalamnya dan diaduk agar merata.

Kaldu ikan pun ditambahkan dan dibiarkan hingga meresap. Kaldu merupakan kunci kelezatan paella. Untuk membuat paella, biasanya menggunakan kaldu buatan sendiri. Namun, untuk alasan kepraktisan, kaldu instan sering menjadi pilihan.

Setelah selesai, bagian atas paella bisa dihias dengan kerang hijau, udang windu,dan paprika. Sekarang,paella sudah go international. Setiap negara memiliki resep yang bisa jadi sangat berbeda dengan daerah asalnya, Valencia. (sumber:okezone)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►

Blogroll

 

Copyright 2011 SEGELAS KOPI is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger